Recent Posts

Perbedaan Ethernet Shield dan NodeMCU ESP8266

Written by rdewi on Jun 12 2019, 10:09 AM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Pada postingan sebelumnya sudah dijelaskan pengertian dari IOT, kali ini saya akan mencoba menjelaskan board yang digunakan untuk membangun IOT. Ada banyak board yang banyak digunakan untuk membangun IOT diantaranya:

Read more...

Module Core IOT

Written by rdewi on Jun 12 2019, 10:08 AM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

IOT (Internet of Things) merupakan suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi atau trasfer data yang menghubungkan berbagai objek yang masing-masingnya memiliki identitas serta terhubung dengan jaringan internet. Objek yang terdapat dalam lingkungan ini memiliki kemampuan untuk mengehasilkan seta mengelola layanan dan saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.
Cara kerja IOT yaitu setiap device yang terhubung ke internet bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Contohnya ketika kita meninggalkan rumah kemudian kita lupa untuk mematikan lampu, kita bisa mengirim perintah untuk mematikan lampu.

Read more...

Basic RESTful API Guidelines

Written by gpamungkas on May 21 2019, 11:20 AM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

REST stands for REpresentational State Transfer. REST is about software architectural style which can provide standards between networked systems over the internet, called web services, to communicate with each other. Generally speaking, web services that are built using the REST pradigm are known as RESTful web services. REST is considered ligthweight yet powerful, it doesn’t create any new standards but instead uses the existing prominent standards such as HTTP, JSON and XML.

Read more...

Microservices Architecture

Written by gpamungkas on May 17 2019, 4:03 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Dalam post kali ini, kita akan membahas mengenai Microservices sebagai lanjutan dari post sebelumnya. Sama halnya dengan Monolithic, Microservices adalah sebuah arsitektur perangkat lunak. Dalam pendekatan Microservices, aplikasi dibangun dari beberapa modul-modul microservices yang terpisah (loosely-coupled) dan independen.

Read more...

Monolithic Architecture

Written by gpamungkas on May 17 2019, 2:15 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Monolithic Architecture adalah sebuah arsitektur perangkat lunak yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web. Monolith sendiri berarti bahwa sebuah sistem dibangun dalam satu kesatuan. Dalam implementasinya, sistem yang dibangun terdiri dari beberapa macam komponen yang tergabung dalam satu macam platform.

Read more...

Berkenalan Dengan Ajax

Written by bmafazi on Apr 13 2019, 12:30 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Heyhoo, penghuni Bumi dimanapun kalian berada, kali ini kita bakal berkenalan dengan yang namanya Ajax, tapi bukan klub sepakbola dari negeri kincir angin. Apa sih itu Ajax? AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) merupakan teknik yg memanfaatkan XMLHttpRequest untuk berkomunikasi dengan server-side script. Nah, jadi Ajax ini bisa menerima dan mengirim data/informasi dalam format JSON, XML, HTML, dan TEXT. Keuntungannya dari Ajax ini bisa mengirim dan menerima data/informasi tanpa perlu me-refresh halaman web. Mantab djiwa!

Read more...

Mengenal LDAP Lebih Dekat

Written by rdewi on Apr 10 2019, 3:14 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

LDAP merupakan protocol yang digunakan untuk membangun directory server. Sederhananya LDAP dibangun sebagai contact book directory yang berisikan nama, alamat email, dan informasi penting lainnya. Ada beberapa software yang mengembangkan teknologi LDAP salah satunya adalah OpenLDAP. OpenLDAP merupakan software yang bersifat open source yang tersedia pada system operasi linux.

Read more...

Managing Knowledge in an Organisation

Written by gpamungkas on Apr 8 2019, 8:24 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Pernahkan Anda membayangkan ketika seorang pegawai mengundurkan diri atau pensiun dari suatu perusahaan atau organisasi? Organisasi tersebut tidak hanya kehilangan seorang pegawai, melainkan juga kehilangan knowledge dari pegawai yang telah dihimpun semasa kerjanya.

Read more...

Mengulik RESTful API

Written by gpamungkas on Apr 7 2019, 5:37 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Hello there ! Dalam post sebelumnya kita telah mencoba untuk memahami konsep dasar dari sebuah API. Dalam kesempatan kali ini, kita akan mencoba untuk bermain dengan API lebih jauh lagi. Let’s get started! sudah cukup panaskah Anda?

Read more...

Berkenalan dengan API : Application Programming Interface

Written by gpamungkas on Apr 7 2019, 2:19 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Pernahkan Anda mendengar istilah API? Mungkin saja belum, mungkin saja sudah pernah, mungkin saja sering, atau bahkan mungkin sudah sering menggunakan (atau bahkan-bahkan sering membuat). Terlepas dari itu semua, tahukan Anda apakah API itu? Dalam post ini, kita akan coba berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai API dalam pengertian umum. Are you excited?

Read more...

Compiled vs Interpreted Language

Written by gpamungkas on Mar 25 2019, 11:11 AM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Apa yang pertama kali terlintas di otak kita ketika mendengar Interpreted Language dan Compiled Language?

Read more...

Hello, Go !

Written by gpamungkas on Mar 23 2019, 4:21 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Disclaimer: Tutorial ini menggunakan Unix-based OS

Read more...

Menambah PATH pada Environment Variable di Linux Ubuntu

Written by apriagung on Mar 19 2019, 10:23 AM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Menambah PATH pada Environment Variable di Linux Ubuntu
Sering kali kita bingung saat kita mencompile sebuah source code namun tidak tahu bagaimana agar aplikasi kita bisa dijalankan tanpa harus menuliskan penuh letak file excutable kita. Pada OS Windows kita bisa mensetting environment melalui Control Panel -> edit environment variables antarmuka untuk menambah PATH pada windows begitu intuitif dan mudah dimengerti. Bagaimanakah jika kita ingin menambahkan di linux? khususnya ubuntu?

Read more...

JavaScript API for Face Recognition

Written by gpamungkas on Feb 15 2019, 5:45 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

We're excited that it's now possible to perform Face Recognition in our browser!

Read more...

Rancangan Integrasi Sistem Informasi dengan Application Programming Interface

Written by gpamungkas on Feb 15 2019, 3:09 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

1. Application Programming Interface (API)
Application Programming Interface (API) adalah sebuah susunan dari protokol, rutinitas, dan perangkat untuk membangun sebuah aplikasi. Sebuah API mampu mengintegrasikan dua buah sistem yang memiliki lingkungan yang berbeda sehingga dapat menghasilkan sebuah aplikasi yang memerlukan kedua sistem tersebut.

Read more...

Sistem Book Drop (Drop Box) untuk Perpustakaan Universitas Pertamina

Written by gpamungkas on Feb 15 2019, 2:42 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Skenario Eksisting

  • Peminjam melakukan pengembalian buku dengan mendatangi pustakawan.
  • Pustakawan masih memasukkan data pengembalian dengan cara manual
Read more...

Pengembangan Sistem Perpustakaan Terintegrasi Universitas Pertamina

Written by gpamungkas on Feb 15 2019, 2:36 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Fasilitas perpustakaan di Universitas Pertamina memiliki kurang lebih 5800 eksemplar buku pengan luas mencapai 760 m2. Untuk menunjang pelayanan dari perpustakaan, Universitas Pertamina mengembangkan sistem perpustakaan terintegrasi.

Read more...

Apa itu Git? SVN? Mercurial?

Written by gpamungkas on Feb 4 2019, 5:32 PM in Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Bagi seorang programmer yang sudah sering berkutat dalam pengembangan suatu aplikasi dalam sebuah tim, mungkin nama Git, SVN, atau Mercurial mungkin sudah menjadi hidangan sehari-hari. Namun bagi beberapa programmer yang baru berkecimpung dalam sebuah proyek "sesungguhnya", nama-nama tersebut mungkin masih terdengar cukup asing. Jadi apakah itu Git dan kawan-kawannya?

Read more...