Hello, Go !
Writing Our First Program using Go

Disclaimer: Tutorial ini menggunakan Unix-based OS

Hello Go!

Bahasa pemrograman Go adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson di Google pada tahun 2007. Go memiliki beberapa karakteristik dan fitur seperti: garbage collection dan statically typed.

Pertanyaannya, mengapa Go?

Banyak artikel yang membahas tentang hal tersebut: mengapa Go? apakah kelebihan dan kekurangan Go dibandingkan bahasa pemrograman yang lainnya?

Menurut saya pribadi there is no silver bullet - there's no programming language that is necessarily better than all others.

Namun ada satu kalimat di sebuah video tutorial Go yang cukup mengena untuk saya, dan mungkin hal tersebut adalah salah satu alasan mengapa Go patut untuk dicoba, begini kira-kira:

Go is for scale. This would be like a system language, web development language, anything you want to scale, anything you want to be super efficient but you might not want to write in C++

Got it?

Ya kurang lebih mungkin seperti itu ya, karena Go merupakan bahasa pemrograman compiled yang notabene compiled language memiliki performa dan efisiensi yang lebih tinggi dibanding saudaranya interpreted language. Dan setelah mencoba Go, jika Anda perch menggunakan bahasa C++, mungkin anda akan lebih memahaminya (...)

see: Compiled vs Interpreted Language

Okay let’s get started then!

1. Install Go

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah install Go. Installer Go dapat diinstall disini. Setelah itu extract ke /usr/local.

tar -C /usr/local -xzf go$VERSION.$OS-$ARCH.tar.gz

Tambahkan PATH environment variable ke /usr/local/go/bin

export PATH=$PATH:/usr/local/go/bin

2. Write Your First Program

Buat sebuah folder, contoh

mkdir hello

Buat sebuah sebuah file dengan ekstensi *.go, misal test.go

nano test.go

Tulis kode program di bawah ini

package main

import "fmt"

func main() {
	fmt.Printf("Hello, Go!\n")
}

Compile source code tersebut

go build

Setelah berhasil di compile, akan dihasilkan sebum executable file dengan nama .hello, jalankan file tersebut

./hello

Jika berhasil makan akan dihasilkan

Hello, Go!

So, that's how Go programs are done.. Stay in tune karena kita masih akan mencoba untuk mengeksplor lebih jauh tentang Go.

Thanks for reading!

Written by gpamungkas on Mar 23 2019, 4:21 PM.
User
Projects
None
Subscribers
None