Perubahan Rencana Studi
Updated 207 Days AgoPublic

1. PENJELASAN UMUM
Untuk proses perubahan rencana studi mahasiswa, Fungsi Sistem Informasi Akademik membuat perubahan fitur pada Aplikasi Sistem Informasi Universitas Pertamina (SIUP). Sebagai catatan, PRS tidak berlaku untuk mahasiswa tahun pertama.

2. MAHASISWA
Selama periode PRS, mahasiswa dapat mengajukan perubahan rencana studi, baik menambah kelas baru atau mengajukan penghapusan kelas yang telah disetujui oleh Dosen Wali sebelumnya. Untuk melakukan PRS, mahasiswa dapat membuka Kartu Studi Mahasiswa pada menu Kartu Studi Mahasiswa kemudian akan tampil halaman sebagaimana gambar berikut.


[klik pada gambar untuk memperbesar]

  1. Saat masuk ke halaman Kartu Studi Mahasiswa, akan muncul notifikasi rentang jadwal Perubahan Rencana Studi (PRS).
  2. Apabila mahasiswa masih dalam periode PRS, mahasiswa dapat mengajukan penghapusan Mata Kuliah dengan klik tombol “Ajukan Hapus” sebagaimana nomor 2 pada Gambar 1. Setelah pengajuan dilakukan, status kelas yang telah disetujui sebelumnya berubah menjadi “Ajukan Penghapusan”.
  3. Selain mengajukan penghapusan kelas, mahasiswa dapat menambah kelas baru dengan cara memilih dari daftar kelas yang tersedia (sama dengan proses pengambilan kelas pada periode pengisian KRS) dengan cara klik tombol “Perubahan Rencana Studi” nomor 3 pada Gambar 1. Kemudian mahasiswa dapat memilih kelas baru dengan checklist pada kelas yang diinginkan untuk diajukan pada PRS. Selanjutnya, klik tombol “Tambah” sesuai dengan Gambar 2.


[klik pada gambar untuk memperbesar]

  1. Jika berhasil, kelas baru yang telah diajukan masuk ke dalam Daftar Kelas Yang Diambil seperti pada Gambar 3 dengan status [Telah Diisi].


[klik pada gambar untuk memperbesar]

3. DOSEN WALI/KAPRODI
Pada periode PRS, Dosen Wali atau Kaprodi dapat melakukan persetujuan kelas yang telah diambil atau pengajuan penghapusan kelas oleh mahasiswanya. Kaprodi dapat melihat Kartu Studi Mahasiswa pada menu “Kelompok Perwalian” kemudian memilih salah satu dosen wali yang tersedia dalam daftar sebagaimana Gambar 4. Begitu pula untuk Dosen Wali dapat membuka Kartu Studi Mahasiswa pada halaman kelompok perwalian masing-masing.


[klik pada gambar untuk memperbesar]

  1. Pada halaman Kartu Studi Mahasiswa, akan muncul notifikasi waktu PRS agar Dosen Wali/Kaprodi untuk segera melakukan persetujuan/penghapusan kelas yang diajukan oleh Mahasiswa tertera pada nomor 1 Gambar 5.

[klik pada gambar untuk memperbesar]

  1. Jika Mahasiswa mengajukan penghapusan kelas, maka di halaman Kartu Studi Mahasiswa, status kelas tersebut “Ajukan Penghapusan”. Untuk penambahakan kelas baru oleh Mahasiswa, statusnya “Telah Diisi”.
  2. Untuk menyetujui penghapusan kelas yang telah diajukan mahasiswa, silakan klik tombol pada kolom hapus. Selanjutnya, kelas tersebut akan terhapus dari daftar kelas. Jika Anda tidak menyetujui penghapusan kelas, silakan klik tombol “Tolak Pengajuan” sebagaimana nomor 3 pada Gambar 5. Kelas yang ditolak, maka statusnya akan kembali menjadi “Disetujui”.
  3. Untuk menyetujui kelas baru yang telah ditambahkan oleh mahasiswa, Anda dapat klik tombol “Setujui” sebagaimana persetujuan pada periode pengisian KRS Mahasiswa.
Last Author
bwicaksono
Projects
None
Subscribers
None