SIMASET (Peminjaman Barang)
Updated 1,379 Days AgoPublic

Untuk proses peminjaman aset IT yang lebih termonitor, efisien, serta paperless. Fungsi TKI membuat sebuah aplikasi sistem peminjaman aset IT dengan nama SIMASET. Diharapkan dengan hadirnya sistem ini user akan merasakan pengalaman baru dalam proses peminjaman barang.

Akses SIMASET

  1. Untuk mengakses SIMASET user cukup mengakses halaman sistem Single Sign On yang dimiliki Universitas Pertamina pada tautan SSO Universitas Pertamina.

    [klik pada gambar untuk memperbesar]
  1. Silahkan login menggunakan username dan password yang telah dimiliki.
  1. Kemudian, jika sudah terbuka silahkan pilih menu SIMASET pada pilihan menu aplikasi-aplikasi yang tersedia pada halaman muka Single Sign On Universitas Pertamina.
  2. Berikut tampilan halaman muka Single Sign On yang menunjukkan aplikasi SIMASET.
  1. Selanjutnya akan tampil halaman muka aplikasi Simaset seperti pada gambar berikut.

Lihat dan Pinjam

  1. User dapat melihat daftar aset IT yang dapat dipinjam dengan cara klik menu “Peminjaman Barang” lalu klik menu “Daftar Barang”.
  2. Berikut tampilan pada halaman menu “Daftar Barang”.
  1. Setelah melihat daftar aset IT yang tersedia, user dapat langsung melakukan peminjaman barang tersebut dengan cara klik tombol “Ajukan Peminjaman” atau klik tombol “Pesan”.
  2. Berikut tampilan halaman ketika user melakukan peminjaman aset IT.

Data Peminjaman

  1. Ketika user telah selesai melakukan peminjaman aset IT yang diinginkan maka peminjaman tersebut akan masuk ke dalam menu “Data Pengajuan”. Selama proses peminjaman masih menunggu diterima oleh admin, user dapat merubah data peminjaman ataupun menghapus peminjaman tersebut.
  2. Berikut tampilan pada halaman menu “Data Pengajuan”.
  1. Pada gambar diatas terdapat 2 buah tombol pada kolom “Aksi”, tombol warna biru bergambar pena untuk merubah data peminjaman sedangkan tombol warna merah bergambar silang untuk menghapus peminjaman.
  2. Berikut tampilan menu ketika user melakukan perubahan data peminjaman.

Status Peminjaman

  1. Admin akan melakukan approval peminjaman yang masuk setiap hari pada jam-jam tertentu. Dan ketika peminjaman sudah diterima oleh admin maka status pengajuan peminjaman pada menu “Riwayat Peminjaman” akan berubah menjadi “diterima” dan user dapat mengambil barang yang dimaksud di ruang Fungsi TKI sesuai tanggal peminjaman.
  2. Berikut tampilan pada menu “Riwayat Peminjaman”.
    *untuk pengambilan barang dapat dilakukan pada hari Senin-Jumat pukul 07.00-17.00 sedangkan untuk peminjaman pada hari libur nasional pengambilan barang dilakukan H-1 tanggal peminjaman dan dikembalikan pada hari kerja berikutnya.
  1. Pada menu “Riwayat Peminjaman” user juga dapat melihat riwayat peminjaman-peminjaman sebelumnya yang telah dilakukan.

Bantuan dan Informasi
Untuk bantuan dan informasi lebih lanjut mengenai aplikasi SIMASET silahkan hubungi Fungsi TKI melalui ekstensi 3633 atau email ke psdi@universitaspertamina.ac.id.

Last Author
gpamungkas
Projects
None
Subscribers
TKI