SIMASET (Peminjaman Ruang)
Updated 407 Days AgoPublic

Simaset
Sistem Peminjaman Ruangan

Untuk proses peminjaman ruangan baik untuk kelas pengganti maupun acara/kegiatan, Fungsi Pengelolaan dan Pemeliharan Aset membuat sebuah aplikasi peminjaman ruangan dengan nama SIMASET. Diharapkan dengan hadirnya sistem ini, pengguna akan merasakan pengalaman baru dan kemudahan dalam proses peminjaman ruangan.

Akses Simaset
Untuk SIMASET SIMASET user cukup mengakses halaman sistem Single Sign On yang dimiliki Universitas Pertamina pada tautan SSO.
[klik pada gambar untuk memperbesar]


Silahkan login menggunakan username dan password yang telah dimiliki.

Halaman Muka Simaset
Kemudian, jika sudah terbuka silahkan pilih menu SIMASET pada pilihan menu aplikasi-aplikasi yang tersedia pada halaman muka Single Sign On Universitas Pertamina.
Berikut tampilan halaman muka Single Sign On yang menunjukkan aplikasi Simaset.


Selanjutnya akan tampil halaman muka aplikasi Simaset seperti pada gambar berikut.

Lihat dan Pinjam
User dapat melihat daftar ruangan yang dapat dipinjam dengan cara klik menu “Peminjaman Ruang” lalu klik menu “Data Ruang Tersedia”
Berikut tampilan pada halaman menu “Data Ruang Tersedia”.


Data ruang yang tersedia merupakan data ketersediaan untuk 3 hari kedepan, untuk merubah pencarian dapat klik tombol “Pencarian Lanjutan”.
Setelah melihat daftar ruangan yang tersedia, user dapat langsung melakukan peminjaman barang tersebut dengan cara klik tombol “Pesan”.
Berikut tampilan halaman ketika user melakukan peminjaman ruangan.

*untuk ruangan, tanggal peminjaman, dan jam peminjaman mengikuti pada saat pencarian dan tidak dapat dirubah saat peminjaman.

Data Peminjaman
Ketika user telah selesai melakukan peminjaman ruangan yang diinginkan maka peminjaman tersebut akan masuk ke dalam menu “Data Pengajuan Ruang”.
Berikut tampilan pada halaman menu “Data Pengajuan Ruang”.


Pada gambar diatas terdapat 3 buah tombol pada kolom “Aksi”, tombol warna biru tua bergambar drive untuk mengunduh form peminjaman, warna biru bergambar pena untuk merubah data peminjaman, sedangkan tombol warna merah bergambar silang untuk menghapus peminjaman.
Selanjutnya user diharuskan untuk Unduh Form untuk selanjutnya diserahkan ke Fungsi Aset untuk proses persetujuan peminjaman ruangan. Selama proses peminjaman masih menunggu diterima oleh admin, user hanya dapat merubah nama kegiatan menghapus peminjaman tersebut, jika ada kesalahan peminjaman maka user harus request peminjaman ruangan baru.

Status Peminjaman
Admin akan melakukan approval peminjaman yang masuk setiap hari pada jam-jam tertentu setelah menerima form peminjaman dari user. Dan ketika peminjaman sudah diterima oleh admin maka status pengajuan peminjaman pada menu “Riwayat Peminjaman Ruang” akan berubah menjadi “diterima” dan user dapat menggunakan ruangan sesuai tanggal peminjaman.
Berikut tampilan pada menu “Riwayat Peminjaman Ruang”.


Pada menu “Riwayat Peminjaman” user juga dapat melihat riwayat peminjaman-peminjaman sebelumnya yang telah dilakukan.

Bantuan dan Informasi
Untuk bantuan dan informasi lebih lanjut mengenai aplikasi SIMASET silahkan hubungi Fungsi PPA melalui ekstensi 3670 atau email ke psdi@universitaspertamina.ac.id.

User manuanl diatas juga dapat dilihat pada tautan berikut :

Last Author
gpamungkas
Projects
  • Restricted Project
  • Restricted Project
Subscribers
None